- Guru bersama murid membuat koordinat kartesius di lantai dengan memasang tali rafia dengan bantuan isolasi sehingga terbentuk koordinat X dan Y
- Memasang kertas yang bertuliskan bilangan bulat positif dan negatif
- Memasang sumbu pencerminan di lantai dengan menggunakan tali rafia yang berbeda warna
- Guru meminta dua murid untuk masuk ke arena koordinat kartesius, mereka akan berperan sebagai titik asal dan titik bayangan
- Murid I berdiri pada satu titik kemudian dia menyebutkan titik koordinat temoat dia berdiri.
- Murid II berdiri sebagai titik bayangannya dengan menghitung jarak yang sama antara titik asal ke sumbu pencerminan dengan jarak titik bayangan ke sumbu pencerminan dan menyebutkan titik koordinat bayangan
- Satu (1) orang murid bertugas mencatat di papan tulis
- Secara bergantian murid berperan sebagai titik asal dan titik bayangan
- Setelah beberapa putaran para murid berperan sebagai titik asal dan titik bayangan, diperoleh pola yang sama perubahan titik koordinat setelah pencerminan sehingga murid dapat menyimpulkan rumus titik koordinat bayangan
- Pencerminana dilakukan pada sumbu-x, sumbu-y, y=x dan titik O(0,0)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar